Mari Bersama-sama Mewujudkan Desa Dayurejo yang Bersih, Relegius, Sejahtra, Rapi dan Indah melalui Akselerasi Pembangunan yang berbasis Keagamaan, Budaya Hukum dan Berwawasan Lingkungan dengan berorentasi pada peningkatan Kinerja Aparatur dan Pemberdayaan Masyarakat

Artikel

Sosialisasi KDRT dan Pencegahan COVID-19

31 Maret 2021 14:41:54 Administrator Berita Desa

DAYUREJO.DESA.ID, Dayurejo - Pemerintah Desa Dayurejo menggelar Kegiatan Sosialisasi Kekerasan dalam Rumah Tangga dan Pencegahan COVID-19  bagi TP PKK Desa Dayurejo, di Balai Desa Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, Rabu (31/03/2021).
.
Kegiatan tersebut merupakan implementasi amanat Undang-undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2007 pasal 1 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang. Acara tersebut di hadiri Kepala Desa Dayurejo, Nara Sumber dari UPTD Kesehatan Puskesmas Bulukandang yakni Ibu Siti Aisyah dan Evi Susilowati serta TP PKK Desa Dayurejo.

Dalam sambutannya kepala Desa Dayurejo Wahono SPW menyampaikan, bahwa Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) tidak lagi urusan suami istri yang urusan urusan keluarga namun juga menjadi urusan publik, dimana diharapkan setiap kerabat keluarga dan masyarakat dapat ikut serta melakukan pengawasan dan pengawasan agar kekerasan dalam keluarga tidak ada ”, ujarnya

Ditambahkannya, “situasi dan kondisi seperti ini khususnya di era pandemi tidak menutup kemungkinan terjadi KDRT dikarenakan dampak yang begitu besar terhadap perputaran ekonomi. Saya terus berharap agar masyarakat mengikuti protokol kesehatan dengan minimal pakai masker, jaga jarak dan membiasakan mencuci tangan dengan sabun agar pandemi segera berakhir dan ekonomi kembali normal. Kami terus berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk warga dengan terobosan-terobosan yang kami buat salah satunya tentang pelayanan kependudukan E- Pak Ladi dengan memperbaharui seluruh data kependudukan yang bulan ini kami prioritaskan untuk update Kartu Keluarga seluruh masyarakat desa Dayurejo gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun”. Tambah Wahono

Sementara Ibu Siti Aisyah yang akrab dengan panggilan  Ibu Siti menyampaikan kekerasan terhadap perempuan dan anak sudah menjadi darurat Nasional sehingga harus menjadi perhatian utama dari semua kebijakan kebijakan di daerah. Kekerasan terhadap perempuan dan Anak saat ini sangat mengkhawatirkan karena pelaku tidak terlihat sakit secara kasat mata, melainkan secara batin. Penyebab utama kekerasan terhadap perempuan dan anak salah satunya adalah apa yang sudah biasa terjadi dimasa lalu seperti memarahi anak dan dan memukul dengan tujuan mendidik pada saat ini sudah berada dalam kekerasan.

Terkait Perdagangan Manusia atau penjualan orang menurut Beliau telah terjadi tidak hanya diwilayah perkotaan bahkan hingga lintas negara. Dimana perempuan dan anak usia dini yang sering menjadi korban Perdagangan Manusia yaitu dengan menjadikan anak-anak untuk mengemis dan dipekerjakan secara kasar. Trafficking bisa dikatakan bentuk kejahatan baru yang bersifat transnasional atau global.

“Perlunya pengetahuan tentang Human Trafficking dan kekerasan dalam rumah tangga, sebagai bentuk pencegahan agar kasus seperti ini tidak terjadi pada keluarga atau saudara disekitar kita.” Jelasnya.

Sementara Evi Susilowati menambahkan tata cara pencegahan penyebaran COVID-19 hanya dengan menjaga kesehatan, kebersihan, jaga imun dengan menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat Dayurejo yang saat ini sudah zona hijau tidak ada lagi yang terpapar dikarenakan kelalaian dan tidak patuh dengan protokol kesehatan. (admin)

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Layanan E - LAPOR

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Sinergi Program

Statistik Penduduk

LAKI-LAKI
4,951 Jiwa 
PEREMPUAN
5,238 Jiwa 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Artikel

STATISTIK KEPENDUDUKAN

[removed][removed]