Mari Bersama-sama Mewujudkan Desa Dayurejo yang Bersih, Relegius, Sejahtra, Rapi dan Indah melalui Akselerasi Pembangunan yang berbasis Keagamaan, Budaya Hukum dan Berwawasan Lingkungan dengan berorentasi pada peningkatan Kinerja Aparatur dan Pemberdayaan Masyarakat

Artikel

Pemerintah Desa Dayurejo Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lembaga Adat Desa

06 Desember 2021 23:24:29 Administrator Berita Desa

DAYUREJO.DESA.ID -- Guna meningkatkan kapasitas Lembaga Adat Desa (LADes), Pemerintah Desa Dayurejo melaksanakan pelatihan kegiatan peningkatan kapasitas bagi keanggotaan lembaga adat yang ada di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Senin (06/12/2021).

Hadir dalam acara, Kepala Desa Dayurejo berserta jajaran perangkat desa dan Ketua BUMDES. Pelatihan tersebut di ikuti oleh 20 orang peserta dan pengurus lembaga adat yang dilaksanakan di Balai Desa Dayurejo.

Membuka acara sekaligus menyampaikan materi, kepala desa Dayurejo Wahono SPW. mengatakan keberadaan lembaga adat desa bukan hanya berperan mengenalkan adat dan budaya saja, namun peran LADes mencakup luas atas kegiatan desa.

"Serta turut sebagai mitra desa, memberikan gagasan, masukan demi kemajuan desa sehingga menjadikan masyarakat sejahtera dan desa maju," terang Wahono.

 

 

Lebih lanjut dalam penyampaian materi, Wahono menjelaskan Fungsi adat adalah untuk menjaga, melaksanakan dan melestarikan perilaku yang berlaku pada masyarakatnya secara turun temurun. Peran lembaga adat selain dalam pewarisan budaya dan mensosialisasikan norma dan adat yang berlaku dalam masyarakat, juga turut sebagai mitra pemerintah desa.

 

Mbah Suji Ketua LAD mengucapkan terimakasih kepada Pemdes, Kecamatan dan Kabupaten atas pelatihan ini.

"Pengetahuan saya bertambah atas pelatihan ini, selain organisasi kemasyarakatan yang bertugas mengatur pelaksanaan adat di Desa kami.Ternyata peran LADes juga mencakup banyak fungsi dan peran yakni sebagai mitra Pemdes untuk membahas bersama-sama demi kesejahteraan warga dan kemajuan Desa kami," sebut Mbah Suji

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Layanan E - LAPOR

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Sinergi Program

Statistik Penduduk

LAKI-LAKI
4,951 Jiwa 
PEREMPUAN
5,238 Jiwa 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Artikel

STATISTIK KEPENDUDUKAN

[removed][removed]