Mari Bersama-sama Mewujudkan Desa Dayurejo yang Bersih, Relegius, Sejahtra, Rapi dan Indah melalui Akselerasi Pembangunan yang berbasis Keagamaan, Budaya Hukum dan Berwawasan Lingkungan dengan berorentasi pada peningkatan Kinerja Aparatur dan Pemberdayaan Masyarakat

Artikel

PENTINGNYA POSYANDU UNTUK KESEHATAN IBU HAMIL

18 Februari 2020 11:56:29 Administrator Berita Desa

DAYUREJO.DESA.ID, Dayurejo - POSYANDU atau Pos Layanan Terpadu merupakan sebuah program pemerintah yang berkenaan dengan masalah kesehatan masyarakat terutama kesehatan ibu dan balita. Program ini bersifat dari masyatakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat sehingga POSYANDU umumnya dilakukan di setiap desa oleh kader-kader kesehatan desa dengan bimbingan tenaga ahli dari dinas kesehatan. Pemeriksaan kehamilan dengan rutin merupakan suatu hal yang penting dilakukan oleh ibu yang sedang hamil agar mereka dapat mejalankan kehamilannya dengan normal dan janin yang di kandungnya dalam keadaan baik. Maka perluhnya pengawasan dan pendidikan agar ibu hamil mendapatkan informasi tentang hal – hal yang harus dilakukan seorang ibu hamil agar janinnya tetap sehat dan terjadi kelahiran normal bagi bayi.

Kegiatan POSYANDU ibu hamil di Desa Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan bertempat di Balai Desa Dayurejo selasa, 18/02/2020, kegiatan ini rutin dilakukan setiap sebulan sekali setiap tanggal 23. Pentingnya POSYANDU bagi ibu hamil agar dapat memberi pengetahuan terkait kehamilan, persalinan  dan masalah yang dialami saat masa kehamilan apa lagi untuk ibu yang baru pertama hamil atau kehamilan pertama. Bagi ibu hamil pada masa trimester pertama ini pun akan mengalami perubahan fisik dan hormonal sehingga sering merasa pusing dan mual. Tak hanya itu saja, ibu yang sedang hamil pun bisa jadi secara emosional pun akan merasa tidak nyaman. Bahkan kehamilan itu sendiri pun masil sangat sensitif sehingga rawan keguguran. Maka pentingnya memeriksakan kehamilan secara teratur agar dapat memantau perkembangan janin, untuk menekan angka risiko lahirnya bayi cacat ataupun bayi yang kurang gizi dan kematiaan. Oleh karena itu ibu hamil harus benar -benar menjaga kesehatan ibu dan calon bayinya, supaya melahirkan normal, lengkap dan sehat.

Asupan makanan bagi ibu hamil juga berpengaruh pada tumbuh kembangnya janin maka dari itu ibu hamil harus tahu dan paham makanan apa saja yang baik dikomsumsi agar kebutuhan asupan nutrisi lengkap dapat diperoleh setiap hari oleh janin dan juga untuk mempersiapkan prosuksi Asi. Mengkomsumsi asupan sehat seperti buah- buahan, sayuran, ikan, kacang-kacangan, air dan vitamin serta susu ibu hamil, itu penting.

Tujuan  POSYANDU yang diberikan kepada ibu hamil secara berkala untuk menjaga kesehatan ibu dan janinya, agar dapat mencegah dan mengatasi masalah kehamilan, untuk membantu masalah gizi, masalah sosial dan untuk memberikan pendidikan penyuluhan dalam masalah persalinan dan nifas, cara menjaga diri agar tetap sehat dalam masa hamil, membantu wanita hamil dan keluarganya untuk mempersiapkan kelahiran bayi dan juga penyuluhan tentang KB beserta meningkatkan kesadaran mereka tentang kemungkinan adanya komplikasi dalam kehamilan dan persalinan.

Pemeriksaan kehamilan yang dilakukan secara teratur dapat menurunkan angka kecacatan daan kematian baik ibu maupun janin. Sebagian dari ibu hamil tidak pernah memeriksakan kehamilannya karena berbagai alasan. Maka dari itu penyuluhan bagi ibu hamil sangat diperluhkan untuk memberikan pengetahuan mengenai kehamilan. Dengan pengetahuan tersebut diharapkan ibu akan termotivasi kuat untuk menjaga diri dan kehamilanya dengan menaati nasehat yang diberikan tenaga kesehatan, sehingga ibu dapat melewati masa kehamilannya dengan baik dan menghasilkan bayi yang sehat. (bahru/**)

JM
08 Agustus 2023 13:41:56
tidak berbayar / gratis. ada pertemuan untuk kelas ibu hamil yang di sosialisasikan dan diberikan bimbingans erta arahan oleh bidan desa
Sartika
20 Mei 2022 15:25:53
Apakah posyandu ibu hamil berbayar,soalnya dikapung kami desa sialang taji dipungut biaya oleh bidannya

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Layanan E - LAPOR

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Sinergi Program

Statistik Penduduk

LAKI-LAKI
4,951 Jiwa 
PEREMPUAN
5,238 Jiwa 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Artikel

STATISTIK KEPENDUDUKAN

[removed][removed]