Mari Bersama-sama Mewujudkan Desa Dayurejo yang Bersih, Relegius, Sejahtra, Rapi dan Indah melalui Akselerasi Pembangunan yang berbasis Keagamaan, Budaya Hukum dan Berwawasan Lingkungan dengan berorentasi pada peningkatan Kinerja Aparatur dan Pemberdayaan Masyarakat

Artikel

Upaya Cegah Stunting Pemdes Dayurejo Rutin Gelar Posyandu Balita

13 September 2023 11:26:27 Administrator Berita Desa

DAYUREJO.DESA.ID, Dayurejo - Kegiatan posyandu balita adalah merupakan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak. Manfaat posyandu balita ialah memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan.

Pada hari Rabu (13/09/2023) Desa Dayurejo , dalam hal ini posyandu mawar dusun gutean  melakukan kegiatan rutin bulanan bekerjasama dengan Tim Kesehatan dari Puskesmas Bulukandang,  Beberapa kegiatan yang dilakukan pada kegiatan posyandu balita ini antara lain :

Penimbangan balita dan anak. Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu. Kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula. Selain itu juga untuk mencegah bayi yang mengalami stunting yang merupakan salah satu program pokok Kabupaten Pasuruan.

Imunisasi. Tenaga medis dari PusksmasBulukandang  selalu siap memberikan pelayanan terkait imunisasi untuk balita yang sudah terjadwal secara rutin dan kontinyu dan tercatat di buku KMS. Macam imunisasi yang diberikan di posyandu adalah,

  1. BCG untuk mencegah penyakit TBC.
  2. DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus.
  3. Polio untuk mencegah penyakit kelumpuhan.
  4. Hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B (penyakit kuning).

Peningkatan Gizi. Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita.
menu kali ini adalah sayur sup, dengan harapan balita yang hadir bisa mendapatkan PMT tambahan yang bergizi dan bervariasi setiap pertemuannya.
Dan Alhamdulillah hadir dalam posyandu mawar dusun gutean sebanyak 48 balita.
Semoga kegiatan posyandu ini akan meningkatkan kualitas kesehatan balita dan anak yang ada di desa Dayurejo . Sehingga akan melahirkan generasi penerus yang cerdas dan sehat bebas stunting.

 

[Jjk]

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Layanan E - LAPOR

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Sinergi Program

Statistik Penduduk

LAKI-LAKI
4,951 Jiwa 
PEREMPUAN
5,238 Jiwa 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

STATISTIK KEPENDUDUKAN

[removed][removed]