Mari Bersama-sama Mewujudkan Desa Dayurejo yang Bersih, Relegius, Sejahtra, Rapi dan Indah melalui Akselerasi Pembangunan yang berbasis Keagamaan, Budaya Hukum dan Berwawasan Lingkungan dengan berorentasi pada peningkatan Kinerja Aparatur dan Pemberdayaan Masyarakat

Artikel

Pelaksanaan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Desa Dayurejo

20 Oktober 2023 11:46:22 Administrator Berita Desa

DAYUREJO.DESA.ID, Dayurejo - MMD atau Musyawarah Masyarakat Desa adalah pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakat dan para petugas untuk membahas hasil Survey Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil SMD.

Kegiatan MMD di Desa Dayurejo  dilaksanakan pada hari Jumát , tanggal 20 Oktober 2023, di Balai Desa Dayurejo,  Acara dihadiri oleh :

1. Unsur Perangkat Desa

2. Perwakilan Kader

3. Perwakilan Ibu Hamil

4. Perwakilan Tokoh Agama

5. Bidan Desa Beserta Tim Nakes PKM Bulukandang

Kegiatan MMD membahas hasil Survey Mawas Diri (SMD) di Desa Dayurejo yang telah dilakukan pada tanggal 19-20 Mei,Kurang lebih sampel 690 KK di wilayah Desa Dayurejo. Dari Hasil survei tersebut ada 3 permasalahan di Desa Dayurejo, diantaranya :
1. Merokok
2. Asi Eksklusif
3. Pengolahan Sampah

Berdasarkan hasil diskusi bersama peserta musyawarah terkait 3 permasalahan tersebut :
Solusi dari hasil diskusi :
untuk poin 1 dan 2 = tidak merokok dan asi Ekslusif, ada sosialisasi melalui kegiatan yang ada di desa maupun dusun. baik penyampaian dalam kegiatan keagamaan masyarakat dalam forum tahlil, yasinan, ataupun paguyuban lainnya. untuk Asi Ekslusif sosialisasi di pertemuan posyandu rutin.

untuk pengelolah sampah :
- di dayurejo sudah ada lahan untuk TPS, KSM ada tinggal pelaksanaannya dikarenakan operasional belum ada dan juga dari pengurus msih perlu di tata ulang.
- di tingkat atau lingkup kecil bisa membuat tempat klasifikasi sampah
- fokus sampah bisa gandeng CSR untuk sarana dan prasarana

Tambahan dari Musyawarah Masyarakat Desa di Dayurejo dengan adanya sosialisasi Tentang TB dan P4K dari kepala Puskesmas Bulukandang dan Koordinator Bidan Desa. Sehingga MMD di Dayurejo sangatlah hidup dan membawa manfaat dari segi wawasan dan ilmu bagi peserta yang hadir.

Kegiatan MMD berjalan dengan lancar. Semoga dengan adanya MMD ini semua dapat menyelesaikan permasalahan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Bulukandang  secara bersama-sama terutama di Desa Dayurejo.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Layanan E - LAPOR

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Sinergi Program

Statistik Penduduk

LAKI-LAKI
4,951 Jiwa 
PEREMPUAN
5,238 Jiwa 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Artikel

STATISTIK KEPENDUDUKAN

[removed][removed]