Mari Bersama-sama Mewujudkan Desa Dayurejo yang Bersih, Relegius, Sejahtra, Rapi dan Indah melalui Akselerasi Pembangunan yang berbasis Keagamaan, Budaya Hukum dan Berwawasan Lingkungan dengan berorentasi pada peningkatan Kinerja Aparatur dan Pemberdayaan Masyarakat

Artikel

MUSRENBANGDes Dayurejo Penetapan Prioritas RKPDes Tahun 2021, Masyarakat Kunci Keberhasilan Desa

15 Juli 2020 14:15:53 Administrator Berita Desa

DAYUREJO.DESA.ID, Dayurejo - Dalam rangka Jaring masukan serta aspirasi dari masyarakat, Desa Dayurejo gelar Musrenbangdes  Tahun 2020 dalam rangka penyusunan RKPDes Tahun 2021 dan RKPD Kabupaten Pasuruan Tahun 2022 bertempat di balai Desa Dayurejo, Rabu (15/07/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Prigen dan staff, Kepala Desa, Ketua BPD dan anggota, anggota LPM, kader Kesehatan, PKK, Perangkat Desa, Pengurus Bumdes, Bhabinkamtibmas, Tokoh Agama, tokoh Masyarakat serta Tokoh Pemuda Desa Dayurejo.

Camat Prigen, Ibu Tri Krisni Astuti, S.Sos., MM dalam sambutannya musrenbangdes ini harus sejalan dan selaras dengan visi misi Bupati Pasuruan untuk membangun Pasuruan sejahtera, maslahat dan berdaya saing.

“Tujuan pembangunan desa itu adalah agar masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan, untuk itu agar hasil dari pembangunan tersebut dirasa sudah sesuai dengan keinginan maupun aspirasi dari masyarakat, oleh karnanya sebelum RKP Desa dibawa ke kecamatan yang selanjutnya akan dibawa ke kabupaten sebagai tindak lanjut dari musrenbang kecamatan, maka harus dilaksanakan musrenbangdes dulu walaupun sebelumnya telah dilaksanakan musdus, guna menjaring aspirasi maupun usulan dari warga yang mungkin belum sempat hadir ketika musdus. Saya mengingatkan untuk usulan-usulan agar menyesuaikan dengan visi misi Bupati Pasuruan dengan pembangunan Pasuruan yang lebih sejahtera, maslahat dan berdaya saing” Ujar Krisni.

“Yang paling penting adalah di tahun 2021 nanti harus ada unsur konektivitas infrastruktur. Artinya semua nanti mengarah ke digitalisasi dimana semua desa dapat mengakses perkembangan pembangunannya” lanjut Bu Krisni Tri Astuti

Pada kesempatan ini beliau juga mensosialisasikan tentang kampung tangguh, kebetulan desa Dayurejo salah satu desa yang ditunjuk dari kecamatan selain dua desa yang lain.

Kades Dayurejo, Wahono SPW dalam sambutannya mengatakan bahwa  sebagaimana perintah dari camat Prigen berdasarkan dari pelaksanaan Musdus, maka kegiatan Musrenbangdes ini dilaksanakan sebelum dibawa ke Musrenbang Kecamatan.

“apabila dalam Musdus kemaren ada hal yang mungkin belum atau lupa tersampaikan, maka dalam kesempatan ini mohon kiranya masukan masukan dari unsur masyarakat, termasuk dari kader serta seluruh warga masyarakat Desa Dayurejo” Ujarnya.

“Jangan lupa ya, nanti juga disinggung masalah penganggaran untuk bencana alam, seperti yang saat ini kita alami bencana non alam yang berupa pandemic COVID-19 yang dampaknya sangat terasa disemua lini kehidupan”, pinta Wahono

Sementara Ketua BPD Dayurejo, Bahruddin sebagai pimpinan rapat menegaskan bahwa prioritas Dana Desa di tahun 2021 untuk pengembangan ketahanan pangan, digitalisasi desa dan pengembangan perekonomian desa dengan memperkuat program padat karya tunai.

“Saya berharap pada saat musrenbangdes yang nanti dibagi menjadi tiga bidang diantaranya, bidang sosial budaya dan pemerintahan, bidang ekonomi dan bidang fisik atau sarana prasarana, agar memilih usulan yang priporitas dan super prioritas”, tegas Bahruddin

“Saya juga titip memperjelas dari sambutan Bu Krisni tentang visi dan misi Bupati Pasuruan, maka mohon juga dimasukkan nanti usulan yang berhubungan dengan wakmukidin dan juga SDSB atau Satu Desa Satu Bank Sampah”, lanjut Bahruddin (San/**)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Layanan E - LAPOR

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Sinergi Program

Statistik Penduduk

LAKI-LAKI
4,951 Jiwa 
PEREMPUAN
5,238 Jiwa 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Artikel

STATISTIK KEPENDUDUKAN

[removed][removed]